Banyak dari pelanggan kami yang bingung akan bedanya AC Inverter, Low Watt dan Standar. Ada yang mengira Inverter adalah suatu brand AC, padahal bukan. Inverter, Low watt dan Standar adalah tipe AC, bukan brand AC. Dari segi harga ketiga tipe AC tersebut pun berbeda-beda. Dengan kapasitas yang sama, misal 1pk, AC Inverter cenderung lebih mahal dari AC Low watt dan Standar.
Dibawah ini penjelasan masing-masing tipe AC:

INVERTER
AC Inverter adalah tipe AC yang konsumsi dayanya paling rendah dibanding AC tipe lain (Standard dan Low watt). Sebagai contoh AC inverter 1/2pk membutuhkan daya hanya 360watt, sedangkan tipe lainnya diatas 400watt. Selain itu cara kerja AC tipe Inverter lebih unik, dan sangat berbeda. Tipe AC ini bekerja dengan cara merubah arus AC menjadi DC yang berguna untuk mengontrol laju motor pada kompresor. Gampangnya, ketika Anda menyalakan AC dan mensetting suhu (misal: 25ᵒC), maka kompresor akan bekerja untuk mencapai suhu 25ᵒC, ketika sudah mencapai suhu tersebut maka laju kompresor akan berputar secara perlahan-lahan (tidak berhenti). Dan saat suhu naik maka kompresor akan bekerja lagi untuk mencapai suhu 25ᵒC, dan ketika sudah mencapai suhu tersebut maka kompresor akan berputar secara perlahan-lahan lagi, begitu seterusnya. Hal inilah yang membuat konsumsi daya listrik Anda menjadi lebih hemat. Selain itu suara yang dihasilkan AC Inverter jauh lebih tenang, tidak berisik, AC lebih awet dan tahan lama.
Yang perlu diperhatikan dari AC tipe ini adalah penanganannya harus dilakukan oleh Teknisi yang sudah ahli dan mengerti inverter, jika tidak AC Anda bisa saja tidak dingin, bahkan tidak nyala sekalipun dikarenakan kesalahan dalam pemasangan.
Note: Ruangan yang cocok menggunakan AC Inverter adalah Ruang Tidur, Ruangan yang tidak sering dibuka-tutup atau Ruangan yang frekuensi penggunaannya diatas 4jam.

LOW WATT
Dari namanya orang banyak mengira kalo AC tipe ini adalah yang paling hemat listrik, padahal TIDAK (dalam kondisi/situasi yang sama). Memang AC Low watt lebih hemat dibanding tipe Standard tapi tidak lebih hemat dari tipe Inverter. Daya yang dibutuhkan tipe Low watt lebih kecil dibanding tipe Standard, itu karena AC Low watt menggunakan kompresor dengan daya yang lebih kecil.
Cara kerja AC tipe Low watt adalah saat kita mensetting suhu misal 24ᵒC, maka kompresor dengan daya yang lebih kecil langsung bekerja keras untuk mencapai suhu yang dimaksud. AC Low watt membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mendinginkan suatu ruangan dibanding tipe Standard karena menggunakan kompresor dengan daya yang lebih kecil. Setelah mencapai suhu 24ᵒC maka kerja kompresor akan berhenti, kompresor akan mati. Lalu saat suhu ruangan naik, kompresor akan bekerja kembali dan ketika telah mencapai suhu yang dimaksud kompresor akan berhenti bekerja atau mati dan begitu seterusnya. Hal inilah yang membuat AC tipe Low watt tidak lebih hemat dibanding tipe Inverter, kerja kompresor yang hidup-mati hidup-mati yang menyebabkan konsumsi daya listrik lebih tinggi.

STANDARD
AC tipe Standard adalah AC dengan harga yang paling rendah dibanding tipe Inverter dan Low watt. Cara kerja AC Standard sama dengan AC tipe Low watt, hanya saja kompresor yang digunakan pada tipe Standard menggunakan daya yang lebih besar, itu mengapa AC tipe ini lebih cepat mendinginkan ruangan akan tetapi konsumsi dayanya lebih tinggi dibanding tipe lainnya.
Note: Ruangan yang cocok menggunakan AC tipe Standard adalah Ruang Meeting, Ruang Karoke, Ruang Tamu atau ruangan lain yang penggunaannya kurang dari 4jam, Ruangan yang sering dibuka-tutup.

Nah, jadi sekarang Anda sudah mengetahui perbedaan tipe AC diatas, untuk pemesanan atau info lebih lanjut silahkan hubungi / kunjungi toko kami Mandiri Jaya (MJ) di Jalan MT.Haryono Royal Wika no.8 Balikpapan Utara, Balikpapan, Kalimantan Timur, telpon 0822 1345 8000.

www.acbalikpapan.com