Balikpapan adalah kota yang berdekatan dengan pantai. Itulah mengapa Balikpapan termasuk daerah yang panas. Terkadang suhu panasnya bisa mencapai 35 derajat Celcius. Hal inilah yang membuat orang berkeinginan untuk memasang AC dirumah atau digedung tempat mereka bekerja. Sayangnya keinginan mereka itu tidak sejalan dengan tagihan listrik perbulan yang menjadi tinggi. Untuk menghemat tagihan listrik anda, pilihlah kapasitas AC yang sesuai dengan kebutuhan ruangan, selain itu berikut tips untuk meminimalisir tagihan listrik bulanan anda:

  • Pemasangan AC dengan benar, baik dari segi posisi / letak AC maupun rangkaian pemasangannya harus sesuai dengan prosedur. Untuk menghindari dari kerusakan pada material ataupun unit ACnya itu sendiri. Jika menginstal AC tidak benar, hal ini berpengaruh pada kinerja AC tersebut dan bisa mengakibatkan tingginya daya yang dibutuhkan.
  • Settinglah suhu AC ruangan anda sesuai dengan kebutuhan, jangan terlalu dingin karena akan membutuhkan daya lebih.
  • Ketika AC ruangan dalam keadaan ON, pastikan pintu dan jendela telah tertutup rapat. Jika ada ventilasi sebaiknya tutuplah ventilasi tersebut.
  • Letakkanlah unit Indoor AC jauh dari pintu, karena suhu dingin bisa gampang keluar dari pintu tersebut.
  • Letakkan juga Indoor AC jauh dari peralatan elektronik diruangan anda.
  • Jadwalkan perawatan AC anda 3bulan sekali untuk menghindari kerusakan pada unit Indoor maupun Outdoor AC. Dengan rutin merawat AC, maka anda dapat menghemat listrik sampai dengan 20%.

Selamat menikmati tagihan listri yang tidak setinggi sebelumnya
Cheers, , ,